+6281295715290⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ admin@kreasiart.id

Sebagai pelaku bisnis yang memiliki toko offline, signage adalah hal yang perlu diperhatikan untuk bisnis Anda. Dengan menggunakan signage, secara tidak langsung Anda telah memberikan informasi kepada pelanggan Anda bahwa toko Anda dapat dikunjungi. Namun, Anda tidak bisa memilih asal signage untuk bisnis Anda. Signage yang berkualitas akan bekerja secara efektif untuk mengkomunikasikan kepada calon pelanggan. Lain hal, jika Anda membuat signage dengan sembarangan. Hal tersebut akan menyebabkan stimulasi berlebih dan membuat calon pelanggan bingung melihat signage bisnis Anda. Untuk itu, sebagai pelaku bisnis Anda harus mengetahui mengenai signage seperti apa ya efektif untuk bisnis Anda.

Apa itu Signage?
Signage adalah suatu rancangan berupa penggunaan lambang atau simbol yang digunakan untuk mengkomunikasikan sebuah informasi kepada banyak orang. Biasanya signage digunakan untuk media promosi, dan juga sebagai papan informasi. Sedangkan, Signage Design yaitu tanda yang diolah dengan desain grafis yang dibuat untuk menampilkan informasi ke orang lain. Signage Design memiliki ukuran yang bervariasi yang dapat disesuaikan berdasarkan lokasi dan tujuan signage tersebut. Seperti contohnya, billboard, mural, display digital atau elektronik, dan lainnya.

Jenis-Jenis Signage
1. Outdoor signage
Jenis signage untuk eksterior adalah hal penting di industri retail. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan prospek melalui pintu Anda sendiri dengan mudah. Outdoor Signage ini bisa meliputi vinyl banner, signage etalase, window lettering, dan lainnya. Outdoor signage tentu akan memberikan kesan positif untuk para pengunjung. Selain itu, flag banner dan monument signs juga bisa Anda terapkan, karena sign tersebut efektif untuk pengendara motor, mobil atau pejalan kaki yang tidak sengaja lewat. Selain itu, Anda bisa menarik perhatian calon konsumen dengan LED sign atau neon box yang dipasang di depan toko
Dari berbagai pilihan outdoor signage, pastikan sign Anda mudah dikenali baik dari ciri fisik maupun ukuran. Selain itu, Anda harus tetap melakukan riset terbaru mengenai signage yang populer dan berhasil dalam pemasaran.

2. Promotional Signage
Signage jenis ini merupakan alarm bagi pengunjung terkait diskon, iklan produk atau jasa, atau pengumuman suatu acara. Biasanya promotional signage dipasang di acrylic, yang mana harga acrylic display cenderung ekonomis. Adanya sign ini, akan menjadi peluang yang bagus untuk menarik perhatian konsumen yang mengunjungi toko Anda. Apalagi, biasanya orang-orang akan membeli produk karena produk tersebut sedang diskon.

3. Wayfinding Signage
Pada jenis signage ini, signage akan mengarahkan konsumen dengan mudah, atau biasanya disebut organizational signage. Jika konsumen dengan mudah menemukan yang dicari, maka semakin besar konsumen akan mengingat toko Anda dan akan kembali bahkan melakukan pembelian kembali. Jenis wayfinding signage ini harus mudah dibaca dan diletakkan di posisi yang paling strategis. Seperti di depan pintu masuk, atau di tempat parkir.

Tipe-Tipe Signage
Banner Signs
Biasanya banner sign terbuat dari material yang tidak kaku. Misalnya, plastik, kain dan kertas. Tipe banner sign, biasanya digunakan sebagai pemberitahuan dari sebuah acara.

Canopy Signs
Canopy sign biasanya dipasang di tembok atau tiang yang mempunyai suatu permukaan. Jika dipasang di bawah kanopi, maka disebut under canopy signs.

Free standing signs
Pada tipe signage ini tidak terpasang pada bangunan, melainkan disangga oleh satu atau dua tiang agar dapat berdiri tegak terkait dengan tanah ataupun lantai.

Electronic Message Center
Tipe signage ini menampilkan pesan di sebuah layar elektronik yang bisa diubah secara cepat dan sangat efisien.

Projecting Signs
Biasanya pada tipe signage ini dipasang di tembok dan memiliki dua sisi. Dengan begitu, sign dapat dibaca dari dua arah yang berlawanan sekaligus.

Changeable Copy Signs
Biasanya tipe signage ini dapat diubah secara manual, seperti papan informasi di suatu tempat makan atau hotel.

Window Signs
Window signs dipasang dalam jendela, yang bertujuan agar mudah dilihat dari arah luar. Jika Anda membuat signage tipe ini, maka signage harus jelas dan dapat dibaca dengan mudah.

Roof Signs
Tipe Roof Signs, dipasang di atas garis atap dari sebuah bangunan. Tipe signage ini adalah cara yang efektif untuk menunjukkan informasi bagi para pengendara motor maupun mobil.

Floor Signs
Tipe signage ini, sign ditulis dan dipasang di atas lantai, yang biasanya berupa tulisan dan simbol.

Wall Signs
Biasanya wall signs terpasang paralel dengan tembok bangunan, dan muncul tidak lebih dari 18 inch. Bentuk wall signs biasanya persegi empat, dan hanya memiliki satu sisi saja.

Suspended Signs
Pada sign ini biasanya digunakan untuk interior sign. Biasanya dipasang dengan cara digantung di langit-langit dengan menggunakan rantai, kawat, atau material lainnya. Umumnya, suspended signs digunakan untuk tempat di mana wall sign dan free standing signs tidak terintegrasi dengan desain bangunan.

Itulah beberapa hal mengenai signage. Jika Anda masih bingung tipe signage apa yang cocok untuk bisnis Anda, kami bisa membantu Anda menentukan signage yang tepat untuk bisnis Anda.

Silahkan hubungi kami di nomor whatsapp +62 812-9571-5290 atau email ke admin@kreasiart.id