+6281295715290⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ admin@kreasiart.id
Fengshui adalah salah satu ilmu tertua dalam peradaban dunia yang memiliki prinsip keseimbangan. Sejak tahun 4000 SM, rakyat Cina sudah menerapkan ilmu tersebut di kehidupan sehari-hari. Mereka percaya bahwa fengshui bisa membawa keberuntungan dan kemakmuran. Kini, fengshui masih menjadi acuan bagi sebagian orang yang ingin mendirikan rumah. Mereka menerapkan konsep dan 5 elemen dasar fengshui dalam pembangunan rumah.

 

Apa Itu Fengshui?

Fengshui didefinisikan sebagai ilmu topografi kuno yang berasal dari Tiongkok. Ilmu ini mengajarkan bahwa manusia dan semesta harus hidup dalam keseimbangan. Bentuk keseimbangan itu dengan menerima Qi positif mengalir ke dalam diri.

Ketika manusia bisa menerima Qi positif, kehidupannya akan dipenuhi rejeki. Namun, sebaliknya, bagi mereka yang menerima Qi buruk, kelak dirundung nasib malang.

Selain Qi, fengshui mempunyai konsep Yin dan Yang. Keduanya menjadi simbol kekuatan semesta yang saling melengkapi. Yin digambarkan berkarakter feminin, sedangkan Yang cenderung maskulin. Karena itulah, Yin memiliki aura gelap dan negatif, sementara Yang selalu terlihat cerah dan positif.

Dalam konsep Qi, Yin, maupun Yang, ada lima elemen yang mendasarinya. Berikut ini penjelasan kelima elemen tersebut.

Elemen Kayu

Kayu merupakan simbol pertumbuhan pribadi, kreativitas, dan peningkatan intuisi. Itu sebabnya, orang yang terhitung dalam elemen kayu memiliki jiwa petualang dan selalu kompetitif.

Elemen Tanah

Tanah menyimbolkan stabilitas dan ketenangan. Jika elemen ini ada dalam diri manusia, berarti ia terlahir sebagai pemimpin. Pasalnya, manusia dengan elemen tanah mempunyai sifat pemecah masalah yang andal dan pantang menyerah.

Elemen Logam

Logam merupakan lambang kekuatan mental dan ketajaman berpikir. Selain itu, logam menjadi simbol jiwa enerjik, berani, dan tegas. Karenanya, orang-orang dengan elemen logam selalu terlihat tenang meski di bawah tekanan.

Elemen Api

Dari semua elemen, api memiliki stabilitas paling tinggi. Elemen ini juga melambangkan transformasi dan ekspansi. Namun, hal itu menjadikan pemilik elemen api cenderung tidak sabar dan impulsif.

Elemen Air

Inspirasi, relaksasi, dan kelembutan tecermin dari elemen air. Karena itu, banyak orang menghadirkan dekorasi yang memiliki unsur air di dalam rumah. Contoh dekorasinya, antara lain kolam ikan, akuarium, dan air mancur.

Peran Penting Fengshui

Banyaknya orang yang menerapkan fengshui sampai sekarang merupakan bukti betapa penting ilmu ini dalam kehidupan. Salah satu peran penting fengshui adalah mengurangi konflik antarmanusia dan alam sekitarnya.

Baca juga: Penempatan Kaca Terbaik Menurut Fengshui

Fungsi lain fengshui adalah menyingkirkan energi negatif dari rumah Anda. Contohnya, untuk membuang aura gelap, Anda harus menghindari perabot berbentuk tajam. Sebagai gantinya, coba tempatkan furnitur dengan sudut-sudut melengkung atau bundar.

Selain membuang energi negatif, fengshui juga memberikan dampak positif pada psikologis manusia. Contohnya, kalau Anda memiliki tanaman hijau di dalam rumah, pikiran menjadi lebih adem. Ketika menghadirkan cat aneka warna, muncul rasa self-satisfied dan semangat dari dalam diri.

Itulah ulasan singkat tentang apa itu fengshui dan pentingnya menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan. Untuk mengetahui lebih detail mengenai fengshui dalam pembangunan rumah, Anda menghubungi tim KreasiArt & konsultasikan kebutuhan anda secara gratis.

Tunggu apa lagi? Klik tombol di bawah ini, sekarang juga!

https://linktr.ee/Kreasi.Art